Baru Belazar | Blog Khusus berisi Teknologi, Pengetahuan Umum, Hiburan | Tutorial Linux | Komputer | Mikrotik | Opini | Cara | Design | Android | Software | Hardware | Download

Thursday, March 22, 2018

Apa Faktor Penentu Masuk Trending Youtube?

Kenapa video aneh bisa masuk trending youtube?


Apa Kabar sob? Ga usah dijawab, percuma. Kagak kedengeran.

Oke. Kali ini kita akan bicara soal Youtube, sebuah platform yang menampung banyak ekspresi manusia secara visual.

Youtube sekarang sudah semakin terkenal dan memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan. Dari kecil sampai tua, tua sampai kecil. Beragamlah pokoknya sob!

Youtube sendiri punya sebuah fitur yang cukup keren, yaitu Trending.

JIka sobat pengguna android, ketika pertama sekali membuka Aplikasi Youtube gambar trending dilambangkan dengan api , mungkin maksudnya hot atau topik yang lagi panas-panasnya.

Trending itu apa?

Youtube Creator Academy menjelaskan bahwa Trending adalah kumpulan video baru dan populer di negara penonton, ada yang bisa diprediksi tapi bisa juga mengejutkan.

Menurut saya sendiri, Trending Youtube adalah kumpulan video baru yang sedang ramai dan hangat diperbincangkan di suatu negara.

Nah, kita kembali ke pertanyaan di judul.

Kenapa video "unik" bisa masuk trending?

Seperti pengertian trending yang saya sampaikan barusan, trending itu adalah kumpulan video baru yang sedang diperbincangkan di suatu negara. Ingat, "diperbincangkan"! Segala sesuatu bisa jadi bahan perbincangan toh?

Untuk bisa menjawab pertanyaan itu, kita perlu tahu dulu sebelumnya faktor-faktor yang membuat sebuah video bisa masuk trending. Setidaknya ada 4 alasan yang akan saya kemukakan disini dan saya urutkan berdasarkan yang paling penting, yaitu:

1. Watch Time

Watch Time atau Durasi Tontonan. Pernah gak sobat lihat video di trending pertama viewnya lebih sedikit dari trending kedua? Itu karena watch time.

Watch time sendiri adalah waktu yang digunakan untuk menonton sebuah video.

Jadi, view banyak belum tentu masuk trending sob!


Watch time sendiri menunjukkan seberapa besar ketertarikan penonton terhadap sebuah video.

Misalnya ada video berjudul "Cara Merakit Komputer" durasi 30 menit dengan kualitas video yang kurang bagus, suaranya samar-samar, videonya goyang-goyang padahal ga ada gempa.

Apa sobat tertarik?

Sobat sendiri yang jawab. Kalau saya pribadi sih tak tertarik. Watch Timenya dipastikan rendah kalau saya yang nonton.

Dan juga, sempat video squishy menjadi trending di youtube. Kenapa ini bisa terjadi?

Bang Kevin Hendrawan menjawab masalah ini dalam videonya yang berjudul "YOUTUBE TRENDING INDONESIA isinya SAMPAH?? Ini Penjelasan dan Solusinya!"

Itu terjadi karena banyak anak-anak yang juga adalah pengguna Youtube. Dan perlu diingat, anak kecil jarang skip video. 

Misalnya mereka nonton video squishy, terus mereka main-main dan videonya ditinggalin gitu aja. Videonya tetap berjalan.

Itu membuat watch timenya sangat sangat tinggi.

2. Peningkatan Interaksi

Yang kedua adalah soal interaksi penonton. Ini termasuk Comment, Subscribe, Share, Likes dan bahkan Dislikes dan View tentunya. Semua itu dihitung Interaksi.

Youtube ga pilih yang likes nya banyak aja yang masuk trending. Sobat salah besar! Likes dan dislikes itu dianggap interaksi, dan jika video dengan dislikes tinggi menjadi trending suatu negara. Itu mencerminkan karakter kebanyakan pengguna youtube di negara tersebut.

Kembali ke pengertian trending di awal tadi, misalnya ada video berjudul "Artis ini jatuh dari tangga!" yang baru diupload.

Ada banyak orang terhibur, dan anggap sobat adalah salah satu penonton video tersebut. Sobat berkomentar "wkwkwkwkwk" dan banyak orang berkomentar juga. Dalam waktu 2 jam, komentar sudah mencapai 800. Ini adalah Peningkatan Komentar. Ramai dibicarakan.

Karena sobat merasa itu lucu, sobat ingin agar keluarga dan teman-teman sobat melihat hal itu juga supaya mereka terhibur juga. Sobat pun membagikannya kepada mereka. Mereka juga melakukan hal seperti itu juga, dan terus berlanjuta sampai jadi banyak yang tahu. Ini adalah Peningkatan Share. Ramai Dibicarakan.

Orang yang dibagikan link video, kemudian banyak yang membuka video tersebut di Youtube dan memberi like karena suka, ada juga yang memberi dislike. Ini adalah Peningkatan Tayangan dan Pendapat. Ramai Dibicarakan.

Hasilnya, video terebut masuk trending!

Youtube ga ngeliat video itu bagus atau kagak. Makanya kita pernah melihat video yang aneh atau ga masuk akal muncul di trending youtube. Misalnya video pro kontra, atau video prank.

3. Judul Unik

Judul unik juga menjadi faktor untuk masuk trending. Misalnya kata "lucu","cara","tutorial","review". Itu adalah kata kunci yang cukup banyak orang mencarinya.

Jadi, jika sobat mengetik "video lucu". Maka akan ada banyak video yang menggunakan kata lucu di judul mereka dan ini membuat penonton mereka bertambah. Maka kembali lagi ke faktor 1 dan 2. Apakah video itu menarik sehingga watch timenya tinggi? Apakah interaksinya tinggi?

Dan orang-orang cendrung lebih suka judul yang unik. Misalnya, "5 Cara ampuh bernafas! WORK 100%!", "Cara dapat uang yang  no tipu-tipu!" dan lain-lain.

4. Jumlah View

Nah, inilah baru pendapat orang-orang. "View banyak masuk trending". Dan faktor ini saya pilih jadi faktor terakhir karena View Banyak tidak menjamin Video itu memiliki watch time tinggi.


View bukanlah faktor utama video tersebut bisa masuk trending.


Misalnya, saya cari video "Cara bernafas". Lalu saya klik sebuah video, dan isinya hanya kumpulan orang yang bernafas sambil bernafas. Kan ga keren? Saya langsung skip videonya. Tapi, itu dihitung 1 view.

Akhir Kata

Jadi, dari faktor-faktor barusan kita dapat kesimpulan. Video dengan topik apapun bisa jadi trending di youtube. Dan itu semua mencerminkan kebanyakan pengguna youtube di sebuah negara. Jadi, jika tidak ingin Trending Youtube Indonesia berisi hal-hal yang ga berguna, ya jangan tonton, comment, share, atau bahkan dislike walau sobat pikir itu tepat. Tapi, itu tetap dihitung sebagai interaksi.

Stop Trending Sampah! Naikkan Content Berkualitas!

Sekian yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga berguna bagi sobat semua. Mohon maaf jika ada kesalahan, jika ada yang kurang tepat bisa disampaikan di kolom komentar. Agar artikel ini bisa jadi artikel berkualitas! Sampai jumpa dan "Learn New Thing(s) Everyday"!





No comments: