Baru Belazar | Blog Khusus berisi Teknologi, Pengetahuan Umum, Hiburan | Tutorial Linux | Komputer | Mikrotik | Opini | Cara | Design | Android | Software | Hardware | Download

Wednesday, February 21, 2018

Apa itu User di Linux Debian?

User adalah komponen penting dalam Linux. Pengertian User adalah pengguna yang mengoperasikan, menggunakan atau melihat serta bekerja dalam sebuah file atau program. Oleh karena itu, User tidak hanyalah orang tapi bisa juga sebuah bot. Linux mendukung banyak user di dalam satu sistem operasi atau nama kerennya Multiuser. Nama user di Linux, sobat sendiri yang tentukan. Contohnya saya,mantan,rajin. Terserah sobat. :D

Di Linux, user terbagi 2 :
  • User Biasa
User biasa seperti rakyat sipil yang hanya bisa melihat, memprotes, atau merasakan. User yang ini tidak ada pun ga terlalu berpengaruh sama Linux, tapi kalau Linuxmu sering digunakan orang, sobat bisa menambah user lain untuk digunakan orang lain. Seperti rakyat sipil, user biasa ini bisa banyak jumlahnya. User biasa biasa ditandai dengan lambang "$".

Direktori File User biasa terletak di : "/home/namauser"

  • Super User (ROOT)
Layaknya Pemerintah bisa melakukan banyak hal yang tak bisa dilakukan rakyat sipil, seperti membuat hukum, membuat perjanjian dengan negara lain, atau mengatur negara. Super user juga bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan user biasa seperti mengedit konfigurasi, membuat folder, atau mengganti nama user itu sendiri.Super user (root) ditandai dengan lambang "#" awal command sobat. Oleh karena itu, super user harus dimiliki oleh setiap sistem operasi Linux, dan ini hanya bisa 1 buah saja.

Direktori File Super user terletak di : "/root"

Sekarang coba sobat cek jenis user sobat sekarang dengan mengikuti perintah di bawah ini.

barubelazar@debian:~$ whoami
barubelazar
barubelazar@debian:~$ su
password: (masukan password root anda)
debian:/home/barubelazar# whoami
root

Yang merah adalah user biasa, ditandai dengan lambang "$",
sedangkan yang hijau adalah super user yang ditandai dengan lambang "#".

INFO TAMBAHAN
Sebenarnya, di Linux ada banyak user bawaan yang terbagi bagi dalam tugas mereka masing masing. Itu bisa sobat cek sendiri di file "/etc/passwd".
Maka akan terlihat tampilan seperti ini :


Keterangan :
1. Username : Ini adalah nama yang digunakan saat user ingin login. Sebaiknya terdiri dari 32 karakter.
2. Password : Karakter x disini memaksudkan bahwa password terenkripsi yang terletak di file "/etc/passwd"
3. User ID (UID) : setiap pengguna harus diberi user ID (UID). UID 0 (nol) dicadangkan untuk akar dan UID 1-99 dicadangkan untuk akun yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan UID 100-999 dicadangkan oleh sistem untuk akun / grup administratif dan sistem. 
4. Group ID (GID) : ID grup utama (tersimpan di "/etc/group" 
5. User ID Info : Kolom komentar ini memungkin kamu untuk memberi informasi tambahan seperti nama lengkap user, atau tugas user.
6. Home Directory : Tempat user berada ketika mereka login. Jika ini tidak tersedia maka direktorinya akan menjadi "/"
7. Shell : Tempat operasi command default di shell. Biasa dengan bahasa bash. 

Kesimpulan 
User hanya ada 2 jenis. User biasa dan super user. File user tersimpan di "/etc/passwd".  
Share jika sobat merasa artikel ini menambah wawasan sobat . Mohon dikoreksi jika ada kesalahan, karena saya Baru Belazar. Keep Learning!

sumber : https://www.cyberciti.biz/faq/understanding-etcpasswd-file-format/

No comments: