Baru Belazar | Blog Khusus berisi Teknologi, Pengetahuan Umum, Hiburan | Tutorial Linux | Komputer | Mikrotik | Opini | Cara | Design | Android | Software | Hardware | Download

Friday, February 16, 2018

Asal Codenames Versi Debian


Debian.
Debian adalah salah 1 sistem operasi linux yang terkenal, karena dari ratusan distro yang ada di luar sana, kira-kira setengahnya adalah turunan Debian. Debian ini stabil dalam penggunaannya, oleh karena itu sobat mungkin pernah dengar kalau debian dipakai dalam banyak server di dunia.

Di artikel kali ini kita tidak akan bahas mengenai penginstallan ataupun menjelaskan isi sistem operasi yang satu ini. Tapi kita mau kenal dulu nama dari Debian dan asal usul namanya (bukan Legenda Debian ya).

Kata Debian berasal nama Penemunya, yaitu Ian Murdoch dan Debra Lynn yang merupakan mantan-kekasihnya, sehingga menjadi Deb+Ian=Debian. Saya sendiri kurang tahu mengapa dia membuat nama mantan kekasihnya di kombinasi nama Debian, mungkin untuk mengenang kenangan bersama mantan, atau mungkin Debra punya kontribusi dalam pengembangan Debian.

Debian memiliki prinsip tegas soal Kebebasan, Ian Murdoch memiliki 2 tujuan objektif mengenai Debian. Pertama, kualitas: Debian akan dikembangkan dengan perlakuan terbaik, agar layak bagi kernel Linux. Kedua: Debian akan menjadi distribusi non-komersial, yang cukup terpercaya untuk bersaing dengan distribusi komersial besar.

Debian memiliki tujuan yang sangat mulia, khususnya bagi anak-anak kost. hehehe... Dengan begitu debian menjadi sistem operasi yang gratis sekaligus berkualitas, dan faktanya Debian cukup menyambangi sistem operasi lain, termasuk Wind*ws.

Tapi, pada 1996 Ian Murdoch digantikan oleh Bruce Perens. Dia adalah sosok yang tegas membawa prinsip dari Ian Murdoch. Dia menjadi pemimpin proyek Debian yang baru.

Dia turut berperan dalam membuat codenames dari versi Debian (1.1 — Rex, 1.2 — Buzz, 1.3 — Bo, 2.0 — Hamm, 2.1 — Slink, 2.2 — Potato, 3.0 — Woody, 3.1 — Sarge, 4.0 — Etch, 5.0 — Lenny, 6.0 — Squeeze,7 — Wheezy, 8 — Jessie, 9 (rilis saat ini) — Stretch, 10 (belum dirilis) — Buster, UnstableSid).Apa sobat familiar dengar nama Woody? Ya, nama-nama ini diambil dari nama karakter cerita film Toy Story. Film animasi ini seluruhnya dibuat menggunakan komputer grafik yang diproduksi oleh Pixar Studios, tempat Bruce bekerja saat ia memimpin proyek Debian. Nama “Sid” memiliki status khusus karena selamanya akan terasosiasi dengan Debian Unstable. Pada film ini, karakter Sid digambarkan sebagai anak tetangga yang selalu merusak mainan — jadi hati-hati jika terlalu dekat dengan Unstable. Selain itu, Sid juga menjadi kependekan dari “Still In Development”. Cukup Unik!
Wheezy (Debian 7)
Jessie (Debian 8)
Stretch (Debian 9)



Kesimpulan

Debian memiliki asal nama yang cukup unik. Nama Debian, dari Ian dan Debra. Sedangkan versi Debian dinamai oleh Bruce Perens, yang berasal dari karakter-karakter di film Toy Story.